Kencan Dengan Tuhan
Selasa, 4 September 2018

Bacaan: Amsal 27:4 “Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu?”




Renungan:
Jean Ducuing adalah mantan direktur kebun binatang di Pessac, Perancis. Binatang kesayanganya adalah seekor kuda nil yang diberi nama Komir. Hampir setiap hari Ducuing bermain dengan Komir. Saking akrabnya, Ducuing sering memasukkan kepalanya ke mulut Komir. Suatu ketika Komir menjadi ganas dan menyerang Ducuing hingga tewas. Apa penyebabnya? Ternyata Komir merasa cemburu karena Ducuing lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengendarai traktor barunya. Jean Claude, salah seorang teman Ducuing berkata, “Saya memerhatikan bahwa setiap kali Ducuing mengendarai traktor barunya, maka Komir terlihat cemburu dan marah.” Karena cemburu dengan mainan baru Ducuing, maka kuda nil yang besar itu nekad melompati pagar kandangnya dan segera menyerang Ducuing hingga tewas. (sumber: HUNGRY HIPPO)

Rasa cemburu dan iri hati yang berlebih dan tidak terkendali akan membuat hati mereka-reka perbuatan jahat. Hal ini dialami juga oleh Raja Saul. Rasa cemburu dan iri hati yang tidak terkontrol di dalam hati Saul telah membuahkan kedengkian yang sangat dalam terhadap Daud, sehingga ia terus berencana untuk membinasakan Daud. Nyatalah bahwa tidak ada kasih di dalam cemburu, yang ada hanyalah nafsu untuk membalas dendam.

Jika hati kita telah dikuasai oleh rasa cemburu dan iri hati, maka kasih Allah tidak ada di dalam kita dan pada akhirnya kita dapat binasa. Karena itu jagalah hati dengan segala kewaspadaannya, karena dari dalam hatilah mengalir kasih atau rasa cemburu dan benci. Sebab itu buanglah rasa cemburu dan iri hati, karena hal itu akan mencuri kasih dan damai sejahtera dari hidup kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, mampukan aku untuk membuang rasa cemburu dan sakit hati dari dalam diriku agar damai sejahteraMu kembali menguasaiku. Amin. (Dod).

Silakan like, comment, share, dan subscribe YCI di:
YesusCintaIndonesia.com
Youtube : yesus cintaindonesia
FB : Yesus Cinta Indonesia
Twitter : Yesus cintaindonesia

Translate »