Kencan Dengan Tuhan
Kamis, 28 Desember 2017

Bacaan: Ibrani 12:5
Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya.”

Renungan:
Eutikhus adalah seorang muda yang tertidur sewaktu mendengarkan Paulus berbicara. Pada waktu itu Eutikhus sedang duduk di jendela lantai 3 dari sebuah rumah. Karena tidak dapat menahan kantuknya saat Paulus berbicara, ia pun tertidur dan terjatuh ke halaman bawah. Paulus pun turun dan mendapati Eutikhus sudah meninggal. Lalu Paulus merebahkan dirinya di atas tubuh Eutikhus dan mendekapnya erat. Dan sungguh ajaib, Eutkihus bangkit kembali seperti tidak terjadi apa-apa pada dirinya sebelumnya.




Kejadian yang dialami Eutikhus mungkin memiliki sisi lucu. Tapi sadar atau tidak, masalah seperti ini juga sering kali terjadi pada pengikut Yesus yang sedang mendengarkan khotbah. Mungkin kita hanya menganggap masalah ini sepele saja, namun sesungguhnya sangatlah penting untuk diperhatikan. Jangan biarkan diri kita tertidur sewaktu pemberitaan firman Tuhan sedang berjalan. Sebab itulah yang iblis mau, yaitu kita menganggap sepele firman Tuhan yang diberikan oleh pengkhotbah di gereja. Kita harus mengantisipasi diri sendiri untuk tidak tertidur. Jikalau kita harus pergi ke gereja pagi hari, maka janganlah tidur terlalu larut malam. Yang juga lebih sering terjadi adalah kita tertidur karena bosan mendengarkan pemberitaan firman Tuhan yang menurut kita terlalu lama dan tidak menarik. Lihatlah apa yang dikatakan oleh penulis Ibrani, “Janganlah anggap enteng didikan Tuhan.”

Marilah kita mulai berubah. Seperti apa pun pengkhotbahnya dan cara nya menyampaikan firman, pandanglah firman Tuhannya saja. Ingat, jangan lagi terbuai oleh rasa kantuk. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, merajalah dalam hatiku agar aku mau dan mampu menghargai saat firmanMu diberitakan. Beri aku hati yang taat dan setia untuk mendengarkan firmanMu dan beri aku kemauan dan kemampuan untuk melaksanakan apa yang menjadi kehendakMu dalam firmanMu. Amin. (Dod).

YesusCintaIndonesia.com

Translate »