Kencan Dengan Tuhan
Sabtu, 3 Maret 2018

Bacaan: Matius 7:3 “Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”

Renungan:
Ketika kita hendak bepergian ke mana pun, hal yang paling wajar kita lakukan adalah mencari sebuah cermin untuk melihat penampilan kita. Cermin adalah alat yang paling jujur untuk menampakkan kepada kita diri kita yang sesungguhnya. Segala hal yang jelek seperti jerawat, kotoran mata, riasan yang berantakan ataupun keriput di wajah dapat ditunjukkan oleh cermin. Jadi cermin sangatlah membantu kita untuk memperbaiki penampilan kita agar menjadi lebih baik, rapi, bersih dan menarik.




Tidak hanya bercermin secara fisik, namun kita juga harus sering bercermin terhadap kepribadian kita. Bagaimanakah kita bersikap kepada orang lain? Apakah kelakuan kita sudah mencerminkan pribadi Yesus sendiri atau mencerminkan kedagingan saja? Jangan sampai kita bisa menilai dan menghakimi orang lain, padahal diri kita sendiri masih banyak sekali kekurangan. Yesus memberikan perumpamaan yang serupa dengan hal ini, yaitu mengenai orang yang melihat selumbar di mata saudaranya, tetapi balok di matanya sendiri tidak kelihatan. Artinya, orang tersebut pandai mencari kesalahan atau kejelekan orang lain, namun kelakuan jeleknya sendiri tidak pernah ia ketahui dan ia perbaiki.

Oleh karena itu nasihat dari orang lain sangatlah kita butuhkan. Jangan pernah menolak saran dan teguran dari orang lain. Gunakanlah semua itu sebagai sarana untuk memperbaiki diri sendiri. Anggaplah teguran dan nasihat dari orang lain sebagai cermin, sehingga kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki, dirapikan dan dibersihkan dari diri kita. Karena, “Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran tersesat.” (Ams 10:17). Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, ubahlah aku agar hidupku dapat mencerminkan kepribadianMu, sehingga aku dapat menjadi berkat bagi orang lain. Amin. (Dod).

YesusCintaIndonesia.com

Translate »