Kencan Dengan Tuhan
Jumat, 6 Juli 2018

Bacaan: Pkh 7:14
“Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang ini pun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan sesuatu mengenai masa depannya.”

Renungan:
Amanda gadis kecil berusia 8 tahun sangat gembira karena di akhir pekan ini ia dan ayahnya akan pergi memancing seharian. Ketika mereka akan berangkat, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Amanda pun gelisah dan kecewa. Ayahnya berkata, “Nak, kamu harus mengerti betapa pentingnya hujan hari ini bagi para petani dan pemilik perkebunan untuk tanaman mereka.” Namun penjelasan itu tidak dapat menenangkan hatinya.
Pukul 15.00 hujan baru berhenti dan Amanda mengajak ayahnya untuk pergi memancing. Tak disangka bahwa mereka akhirnya memeroleh hasil yang sangat banyak. Seseorang di danau menjelaskan bahwa hujan yang disertai angin kencang memang menguntungkan bagi para pemancing. Sesampai di rumah ikan pun digoreng. Saat akan makan, Amanda diminta untuk memimpin doa makan. Di akhir doa ia berkata, “…dan Tuhan, kalau tadi aku marah-marah, itu karena aku tidak dapat melihat cukup jauh ke depan akan rencanaMu. Amin.”
Kita memang tidak memiliki kemampuan untuk melihat apa yang akan terjadi jauh di depan, karena kita penuh dengan keterbatasan. Keterbatasan itu membuat kita datang pada Tuhan sebagai pribadi yang mampu memberi masa depan yang cerah. Tuhan mampu mengubah sesuatu hal yang kita anggap sebagai kemalangan dan berpotensi memperburuk masa depan menjadi kemujuran bagi kita.
Pengalaman yang baik dan buruk akan Tuhan pakai untuk membentuk kita menemukan satu pelajaran yang hebat sehingga semakin hari kita semakin kuat dan dewasa dalam iman. Di sisi lain Allah mau memakai pengalaman hidup kita untuk dibagikan sehingga membangun kehidupan saudara seiman. Marilah hari ini kita belajar untuk memandang segala sesuatu secara positif, karena itu akan memberi perbedaan dalam hidup kita. Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, berjalanlah dalam setiap rencanaku, biar kehendakMu yang terjadi dalam hidupku karena aku tahu rencanaMu lebih indah daripada yang aku inginkan. Amin. (Dod).

YesusCintaIndonesia.com

Translate »